Jumat, 01 Juli 2011

a journey to virgin island, karimunjawa (part1)

Akhir pekan lalu, tanggal 25 juni 2011, saya diajak beberapa teman saya berlibur ke sebuah pulau eksotik di utara pulau jawa,yaitu karimunjawa. kita melakukan perjalanan darat menuju kota Jepara. berangkat dari Jogjakarta sekitar pukul 1 malam, singgah di Magelang untuk mengisi perut dan kemudian melanjutkan lagi perjalanan ke Jepara.
Kita tiba di pelabuhan Kartini Jepara pukul 5 pagi, sembari menunggu loket penjualan tiket kapal buka, kita sarapan di warung sekitar parkiran.warung yang paling recommended adalah warung pojok, jualannya komplit, dari nasi rames sampai nasi rendang, tapi harganya lumayan mahal.
pukul 06.00 loket pelabuhan mulai dibuka, sayapun mengantri bersama pengunjung lain.
dan tak lama, saya mendapatkan 5 buah tiket KMP Muria seharga 28.500 rupiah untuk satu orang
setelah mendapat tiket, kita langsung naik ke atas kapal, untuk mencari tempat duduk, soalnya kalau sampai tidak dapat tempat duduk, bisa dibayangkan, 6 jam perjalanan di atas laut tanpa tempat duduk??
setelah menaruh barang barang kitadi atas kapal, sambil menunggu kapal berangkat, kita mengambil foto diri di geladak kapal. pemandangan cukup bagus bisa dilihat dari sini.

Kapal KMP. Muria pun berangkat menuju Karimunjawa, Perjalanan yang di tempuh sekitar 6 jam jika air tenang dan 7 jam jika ombak besar. waktu paling baik untuk mengunjungi karimunjawa adalah bulan ke 3-4, hampir tidak ada ombak.  Kapal Ferry ini berangkat 3 kali dalam satu minggu dari Jepara. artinya 3 kali juga dalam seminggu dari Karimun. Namun ada  juga kapal cepat yaitu Kapal Cepat "KARTINI" dengan waktu tempuh 2 jam menuju Karimun dengan starting point di pelabuhan Semarang. dan tarifnya sekitar 100 ribuan perorang. jadwal kapal cepat ini menurut informasi hanya sekitar 2 kali dalam sebulan.itupun kita harus booking tiket jauh jauh hari sebelumnya, sebagai pandangan, di bulan juli ini tiket kapal cepat sudah habis dibooking sampai bulan oktober.. bayangkan!!
 setelah 6 jam perjalanan, akhirnya KMP Muria berlabuh di pelabuhan Karimunjawa pukul 14.00. sampai sana, sudah banyak tour agent menjemput tamu tamunya. sedangkan kita, tanpa tour agent, harus mencari sendiri kendaraan menuju homestay. biaya naik omprengan dari pelabuhan sampai kota karimun hanya 5000 per orang
 sesampai di kota karimun, kita mencari homestay, dimana sebagian rumah penduduk disana dijadikan homestay dengan tarif rata-rata sekitar 60.000 per kamar. kami pun menemukan sebuah rumah penduduk yang dijadikan homestay, sebuah rumah sederhana dengan 2 kamar, dan kita pun menyewanya dengan tarif 120 ribu per hari.
Setelah sejenak beristirahat, kami menghabiskan waktu sore hari di karimunjawa dengan berjalan2 di kota, mencari kudapan, dan menikmati sunset di dermaga kota.
Karena kita tidak ikut tour agent, maka kita harus mencari sendiri tentang segalanya di pulau ini, Malam harinya, kita berbincang dengan pemandu lokal berpengalaman, diskusi tentang tour esok harinya, bagaimana menyewa kamera, menyewa kapal, info2 tentang pulau sekitar dan juga fitting alat snorkling.
Setelah selesai fitting alat snorkling dan menentukan jadwal tour, kita pun mencari makan malam di alun alun kota jepara, ternyata disana tidak seperti yang saya kira. bayangan saya di pulau seperti itu bakalan banyak warung-warung pinggir pantai yang menjajakan ikan bakar dan semacamnya, ternyata tidak! penjaja makanan memang sengaja dikumpulkan di alun-alun dan diberi penerangan lampu sekitar 1000watt, dan disanalah kita menghabiskan malam dan tak sabar menunggu hari esok untuk mengeksplorasi pulau pulau di kepulauan karimunjawa.....