Senin, 14 Januari 2013

Backpacker ke negeri singa, Singapore

Bulan desember 2011, aku ditawarin temen yang kerja di travel agent tiket murah ke singapore, harganya Cuma 4oo ribu untuk penerbangan pulang pergi Jakarta-Singapore menggunakan maskapai Lion Air. Karena aku belum pernah keluar negeri, langsung aja aku ambil tuh tiket walaupun jadwal keberangkatannya untuk 3 bulan ke depan, tepatnya tgl 27 Februari 2012  dan jadwal kembali ke Indonesia tercatat tanggal 07 Maret 2012. Pikirku, 10 hari di negeri orang, mau ngapain....!!

Jeda waktu sekitar 3 bulan kupakai untuk prepare mulai dari bikin paspor , beli backpack, bikin tabungan khusus CIMB Niaga, tuker dollar singapore, ampe beli buku2 panduan ke spore.  Buku yang recomended untuk backpacker adalah bukunya Claudia Kaunang.

And finally, kalender menunjukkan tanggal 26Februari.  Malam harinya, aku dan 3 temanku berangkat ke jakarta menggunakan kereta api executive. Sampai di Stasiun Gambir Jakarta pagi pukul 06.00, kita langsung menuju ke daerah bandara Soekarno Hatta, kita singgah dan istirahat dulu di sebuah hotel dekat bandara yg lumayan nyaman (namanya aku lupa) sembari menunggu penerbangan pukul 14.00.
And then kita terbang juga ke Bandara Changi singapore, sampai disana aku bengong bentar, mikir.. kok bandara keren gini yah, biasa liat bandara di indonesia yg tak lebih bagus dari terminal.

Dari bandara kita naik MRT ke daerah Bugis, sampe di Bugis kita kebingungan karena belum booking hotel disana, alhasil hanya buku Claudia Kaunang yang menyelamatkan kita, kitapun mencari hotel yang direkomendasikan oleh buku itu. Akhirnya kita menginap di ABC backpacker hotel dengan tarif $20 singapore / orang. satu kamar berisi 2 ranjang tingkat, kamar mandipun di luar, bergantian dengan tamu lain, yah namanya backpacker hotel.

Sebelum tidur, kita menikmati malam dengan berjalan kaki di seputaran Bugis.

Paginya, petualangan dimulai.. kita explore beberapa sudut singapore yang bisa kita jangkau lewat MRT. sebelumnya, waktu di bandara kita sudah membeli kartu ajaib yang namanya EZ link, kartu ini adalah kartu yang bisa digunakan untuk membayar MRT,LRT, bus, dan outlet. kartu ini $12, yang berisi uang $7. sisanya sebesar $5 adalah harga kartunya yang tidak dapat dikembalikan. Kartu ini dapat disimpan dan dipakai lagi selama 5 tahun.

Kita mulai dari Bugis street dan Bugis Junction yang merupakan salah satu pusat belanja dan hiburan. walaupun namanya sama sama Bugis, namun Bugis junction dan Bugis street berbeda, hanya terpisah seberang jalan Bugis street lebih ke pusat belanja tradisional, sedangkan Bugis junction adalah sebuah mall beratap kaca.

Bugis Junction

Setelah puas menikmati Bugis, kita menuju ke City Hall untuk melihat gedung Esplanade Theatre, salah satu pusat seni tersibuk di dunia. konsep bangunan ini mirip buah favorit masyarakat lokal, durian.

dari Esplanade Theater kita hanya perlu jalan kaki menuju Merlion Park, tempat patung singa yang menjadi icon Singapore.

puas menikmati Merlion park, kita kembali lagi ke daerah Bugis. Karena salah seorang temanku ga kuat jalan lama2, kita istirahat lagi di hotel. (ini yang mengesalkan, waktu terbuang sia sia hanya untuk istirahat)
Malamnya, tujuan kita adalah Orchard Road, tujuan utama turis asal indonesia yang terkenal hedon…walaupun ga punya duit, hahaha. Orchard Road adalah jalan satu arah yang di kanan kirinya terdapat jajaran shopping mall. Ga banyak yg bisa dilihat di Orchard, gitu gitu aja.

Bosan, kita pindah menuju Clarke Quay. Quay adalah dermaga tempat perahu / kapal berlabuh, sekarang Clarke Quay menjadi pusat tempat hiburan dan hangout. Disini keren banget, kita bisa menemukan beberapa orang latihan dance / mengamen menggunakan gadget. Clarke Quay juga cocok bagi yang suka clubbing karena banyak club di pinggir dermaga yang buka sampai malam. Ada juga atraksi Bungee seperti G-max reverse bungy dan G-5 extreme swing, pokoknya komplit deh disini, ga nyesel menghabiskan malam di Clarke Quay.

Malam yang mengesankan… esok harinya kita meninggalkan Singapore, bukan untuk kembali ke indonesia tapi kita menjelajah ke Malaysia. Bersambung ke post berikutnya…..